Resume Mata Kuliah Profesi Pendidikan
Resume kuliah tanggal 16 Februari 2010
Tren Masa Kini dan Ke Masa Depan
1. Kompetitif : ada kesenjangan antara suplay dan demand. Lebih banyaknya suplay dari demand menyebabkan adanya kompetitif
Syarat memenangkan kompetitif
· Usaha
· Kemampuan
· Stategi
· Etika
·
2. Transparan
3. spesialis
4. Profesional
5. Dinamis
6. Adaptif
Tututan terhadap “Kompetitif SDM”
Pengetahuan/wawasan Global
· Koseptual yang integrative dan aplikatif
· Orientasi pada solusi, inovasi dan kreatifitas
· Nilai-nilai universal
Keterampilan Global
· Komulnikasi multi budaya
· Pemanfaatan teknologi informasi
· Pengembangan intelektual+emotional+adversity skill
Sikap/perilaku
· Dinamis dan flexible
· Inisiatif dan proaktif
· Inovatif dan kreatif
· Mandiri/survive
Resume perkuliahan
MANAJEMEN MUTU BERBASIS SEKOLAH
Manajemen Mutu Berbasis Sekolah yaitu, bentuk otonomi manajemen pendidikan, kewenangan ada pada kepala sekolah atau madrasah dan guru dibantu oleh komite sekolah atau madrasah dalam mengelola kegiatan pendidikan.
Latar Belakangadanya manajemen mutu berbasis sekolah adalah:
1. Pendidikan menghadapi masyarakat yang berubah,
2. Perubahan sosial-politik dan aspirasi masyarakat,
3. Perubahan pemerintah, dan
4. Undang-undang Sisdiknas.
TujuanManajemen Mutu Berbasis Sekolah:
• Mencapai mutu dan relevansi dengan tolak ukur pada hasil (output dan outcome),
• Menjamin keadilan layanan pendidikan bagi setiap anak,
• Meningkatkan efektifitas dan efisiensi,dan
• Meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen (stake-holders).
Elemen-elemen Pokok MBS/S
Pemberian kewenangan kepala sekolah / madrasah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan pendidikan di sekolah / madrasah yuang bersangkutan.
Konsep Mutu MMBS/M
1. Absolut
2. Srandar
3. Kepuasan pelanggan / pengguna jasa pendidikan
Elemen Penting MMT (Manajemen Mutu Total) sebagai bagian dari strategi MMBS:
a. Konsep mutu
b. Peningkatan mutu secar berkelanjutan
c. Kepuasan pengguna jasa pendidikan
d. Ada visi dan misi.
e. akuntabilitas kepada semua stakeholder
Resume Perkuliahan
UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
System pendidikan nasional, terdiri dari :
1. Input
· Row input
· Instrumental input : (pendidik/tenaga pendidik, kurikullum, sarana dan prasarana, financial, buku)
· Environmental : (geografis, demografis, social, budaya, ekonomi, dan politik
2. Proses
Adanya perumusan standar (dilaksanakan menuju output) untuk menjalankan proses pendidkan
3. Output
Permasalahan Sistem Pendidikan di Indonesia, yaitu meliputi :
1. Penerapan ujian nasional
2. Pemerataan kualitas pendidikan
3. Sarana dan prasarana pendidikan
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
1. Standar Isi
2. Standar Kompetensi Lulusan
3. SKP-Tenaga Kependidikan
4. Standar sarana dan Prasarana
5. Standar penilaian
6. Standar pembiayaan
7. Standar pengelolaan
8. Standar proses
Saturday, May 22, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Syukron Ukhti.... semoga bisa aku gunakan untuk pengembangan lemabaga kami. tolong bila berkenan
ReplyDeletekasih form-form kelengkapan akreditasi. Thank`s semoga Allah membalas amal jariyah ukhtiii,,,
isi blog sm ky org'a yg buat, sama2 cakep...
ReplyDelete